Home > Penggunaan Simpel PAS > Profil Simpel PAS

Profil Simpel PAS

Simpel PAS kepanjangan dari sistem pengelolaan program analisis soal berbasis komputer. Simpel PAS merupakan hasil penelitian dan pengembangan menggunakan metode Borg and Gall dengan desain model SLC (sistem life cycle). Basis data dan program yang digunakan adalah Microsoft Excel 2007. Program ini dapat membantu guru dalam melakukan analisis Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Semester maupun penelitian tindakan kelas. Program yang sangat lengkap tetapi disajikan dengan konsep yang sederhana sehingga mudah digunakan yang pada akhirnya akan mempercepat pekerjaan guru dlam menganalisis. Tidak memerlukan keahlian khusus dalam menggunakan program ini. Dengan hanya mengenal computer dan sedikit mampu mengoperasikan excel maka sudah bisa menggunakan program ini.

Program hanya dapat menganalisis maksimal 350 responden, 60 soal pilihan ganda dan 25 soal uraian.

Gambar 1. Menu utama Simpel PAS Penggunaannya sangat sederhana, hanya memasukan rincian jawaban peserta didik maka guru sudah dapat menikmati seluruh fasilitas Simpel PAS, mulai dari tabulasi nilai, daftar nilai, analisis daya beda, tingkat kesukaran, efektivitas option, validitas, reliabilitas, ketuntasan dan daya serap KD, sampai kepada pembuatan grafik. Gambar 2. Menu Input Jawaban Fasilitas layanan yang mampu diberikan Simpel PAS kepada pendidik dalam menganalisis soal, antara lain:

  • tabulasi data

hasil analisis evaluasi belajar,  simpel dalam analisisnya mampu menampilkan tabulasi data dalam format 1, 0 untuk analisis soal pilihan ganda.

  • pemberian skor hasil evaluasi belajar berupa daftar nilai yang terdiri dari nama siswa, skor penilaian, nilai, peringkat, KD tidak tuntas dan ketuntasan dibandingkan dengan KKM
  • analisis daya serap KD dan butir soal, persentase daya serap peserta didik pada tiap-tiap KD yang diujikan dan daya serap peserta didik pada masing-masing butir soal. analisis ini akan memudahkan guru dalam melihat ketercapaian peserta didik pada tiap-tiap kompetensi dasar sehingga pada akhirnya akan memudahkan dalam pembuatan rancangan program remedial dan pengayaan
  • analisis ketuntasan tiap KD, adalah analisis ketuntasan peserta didik dan nilai peserta didik pada masing-masing KD
  • analisis tingkat kesukaran
  • analisis daya beda butir soal
  • efektivitas pengecoh
  • analisis reliabilitas, analisis reliabilitas menggunakan empat model perhitungan antara lain spearman brown, KR 20, KR 21 dan rumus alpha.
  • analisis validitas, analisis validitas memungkinkan guru melihat valid atau tidaknya soal yang digunakan dalam evaluasi setelah dibandingkan dengan nilai r tabel.
  • penggabungan skor soal pilihan jamak dan soal uraian, fasilitas ini memungkinkan guru melakukan analisis terhadap soal ujian yang terdiri dari soal pilihan ganda dan soal uraian secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri.
  • pembuatan grafik hasil analisis, semua hasil analisis baik soal pilihan ganda maupun soal uraian dapat ditampilkan dalam dua model grafik yaitu grafik batang dan grafik lingkaran.
  • ikhtisar hasil analisis, semua hasil analisis ditampilkan dalam satu form ikhtisar hasil analisis yang lengkap.
  • pembuatan kisi-kisi soal, kisi-kisi soal yang digunakan dalam soal ujian dapat ditampilkan dengan mudah dalam format yang sederhana.
  • pembuatan format pembelajaran remedial dan pengayaan, simpel PAS memberikan rekomendasi dalam pembuatan program remedial dan pengayaan berdasarkan ketercapaian KD masing-masing peserta didik dan keterserapan KD secara klasikal.

Keunggulan Produk

Produk hasil pengembangan memiliki beberapa keunggulan, antara lain: kecepatan kerja, kepraktisan, cakupan layanan, interpretasi output, fasilitas tambahan. Pendidik bisa melakukan analisis lebih cepat dengan adanya kepraktisan penggunaan program dalam menganalisis. Layanan yang diberikan Simpel PAS lebih luas dibandingkan dengan program lain sehingga kebutuhan analisis soal bagi pendidik bisa tercukupi. Hasil output lebih mudah dipahami dan dimaknai. Didukung fasilitas tambahan yang memudahkan pendidik dalam menggunakan produk ini.

Keterbatasan Produk

Disamping memiliki keunggulan, produk hasil pengembangan juga memiliki beberapa keterbatasan, antara lain: pengguna produk harus memiliki kompetensi mengoperasikan Microsoft excel, program hanya mampu menganalisis maksimal 60 sal pilihan jamak, 25 soal uraian dan 350 orang responden. Program hanya merupakan aplikasi dari Microsoft Excel 2007 yang memiliki keterbatasan kemandirian.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: